Kamis, 25 Maret 2010

SATUAN LAYANAN BK

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

A. Topik Permasalahan/Pembahasan : Pengaruh teman sebaya terhadap kegiatan dan
hasil belajar
B. Bidang Bimbingan : Sosial
C. Jenis Layanan : Bimbingan Kelompok (Kelompok Tugas)
D. Fungsi Layanan : 1. Pemahaman
2. Pencegahan
E. Tujuan Layanan/Hasil yang Ingin Dicapai :
1. Peseta layanan memahami pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar
2. Peserta layanan dapat bergaul dapat mengambil hal-hal posotif dari teman sebayanya untuk menunjang keberhasilan belajarnya
3. Peserta layanan dapat mencegah dirinya dari pengaruh negatif teman sebaya
F. Sasaran Layanan : Siswa kelas IX I kelompok I
G. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan:
a. Tahap Pembentukan
1) Anggota kelompok duduk melingkar, dan pemimpin kelompok berdiri di tengah lingkaran.
2) Pemimpin kelompok mengarahkan anggota kelompok untuk saling berkenalan yang diawali oleh pemimpin kelompok
3) Melakukan permainan kelompk “Berebut Kursi”
b. Tahap Peralihan
1) Pemimpin kelompok menjelaskan jenis, tujuan, topik, dan azas penyelenggaraan layanan bimbingan kelompok
2) Mengajak anggota kelompok untuk siap melakukan kegiatan inti
c. Tahap Kegiatan
1) Pemimpin kelompk memimpin jalannya kegiatan bimbingan kelompok untuk membahas topik yang telah ditetapkan yaiu “Pengaruh Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar”
2) Anggota kelompok membahas bersama topik tersebut
d. Tahap Pengakhiran
1) Melakukan tanya jawab guna mengarahkan anggota kelompok menarik kesimpulan dari topik yang telah dibahas
2) Tanya jawab tentang manfaat kegiatan (bimbingan kelompok) yang telah dilaksanakan, serta perasaan anggota kelompok setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
3) Mmebuat kesepakatan untuk kegiatan berikutnya
H. Metode : Diskusi kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok
I. Tempat Penyelangaraan Layanan : Ruang Kelas IX I SMP Negeri 8 Kota Jambi
J. Waktu, tanggal semester : (2 x 40 menit), 9 Pebruari 2010/II
K. Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing (Sokiyah)
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : -
M. Alat dan Perlengkapan yang Digunakan : Kursi
N. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut :
- Rencana Penilaian :
a) Laiseg : Tanya jawab tentang topik yang dibahas setelah pelaksanaan bimbingan kelompok selesai dilakukan
b) Laijapen : Mengamati perilaku sasaran layanan dalam pergaulan dengan teman sebaya dan hasil belajarnya selama 1 bulan
c) Laijapang : Mengamati perilaku sasaran layanan dalam pergaulan teman sebaya dan hasil belajarnya setelah 1 bulan s/d 1 semester
- Rencana Tindak Lanjut:
Bagi sasaran layanan yang berdasarkan hasil laijapen/laijapang pergaulannya kurang sesuai dengan etika diberikan layanan konseling individual/konseling kelompok
O. Keterkaitan layanan ini dengan kegiatan pendukung
a) Sosiometri
b) Observasi
P. Catatan Khusus:


Mengetahui Jambi, 4 Pebruari 2010
Kepala Sekolah, Guru Pembimbing,


Yusmaida, S.Pd Sokiyah, S.Pd